Tingkatan Kelas Efisiensi Filter EPA, HEPA, dan ULPA Menurut EN1822

415EN1822 - Tingkatan Kelas Efisiensi Filter EPA, HEPA, dan ULPA Menurut EN1822

Terdapat berbagai jenis standar efisiensi dalam filter udara. Filter udara ULPA, HEPA, dan EPA memiliki tingkat filtrasinya masing-masing. Salah satu dari standar filtrasi yang paling banyak digunakan secara internasional dalam industri adalah EN1822.

Tentang EN1822

EN1822 dikembangkan oleh institusi standardisasi di Eropa sekitar tahun 1998. EN1822 merupakan standar pertama yang mana dibangun berdasarkan klasifikasi sistem filter untuk HEPA filter berdasarkan teori proses filtrasi. Standar ini diaplikasikan untuk filter udara dengan tingkat efisiensi tinggi dan sangat tinggi dengan penetrasi ultra-rendah (EPA, HEPA, dan ULPA) yang digunakan dalam berbagai macam bidang seperti ventilasi, pendingin ruangan, ruangan clean room, dan farmasi.

Standar filtrasi EN1822 juga mengenalkan kriteria evaluasi MPPS (Most Penetrating Particle Size). MPPS merupakan ukuran partikel dimana filter udara memiliki arestensi terkecil. 

Tabel di bawah ini merupakan berbagai kelas untuk filter efisiensi tinggi menurut EN1822 serta perbandingannya dengan standar ISO29463:

Screen Shot 2021 09 10 at 20.50.49 1024x999 - Tingkatan Kelas Efisiensi Filter EPA, HEPA, dan ULPA Menurut EN1822

Fungsi Dari EN1822

Berikut ini merupakan fungsi dari standar efisiensi EN1822:

  1. Menilai efisiensi dari media filter. Dengan menggunakan partikel contractor, jumlah dan ukuran partikel yang terjebak dalam filter dapat ditentukan. Setelah melalui proses data ukuran dari partikel, nilai penyaringan terkecil dapat ditentukan. Ukuran terkecil ini disebut sebagai MPPS.
  2. Mengecek tingkat kebocoran dari media filter. Tes dilakukan dengan alat uji yang dapat digeser pada seluruh permukaan filter untuk mendapatkan nilai efisiensi dari tiap bagian filter (local value), yang mana digunakan untuk menentukan nilai efisiensi filter secara keseluruhan (integral value). Hal ini dapat digunakan untuk mengecek bagian filter yang mengalami kebocoran.
  3. Menentukan nilai integral dari media filter. Pertama dilakukan pengukuran dari pressure drop berdasarkan kecocokan volume udara yang mengalir dengan rating yang tertera pada filter. Kemudian dengan aerosol generator efisiensi MPPS suatu filter dapat ditentukan. Berdasarkan nilai efisiensi inilah kelas filter dapat ditentukan berdasarkan hasil laporan pengujian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *